Rabu, 10 Februari 2010

Berita Khusus

Hemat APBD Pilkada Indramayu Satu Putaran

Menghadapi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang rencananya akan berlangsung pada bulan Agustus 2010 mendatang, Pemkab Indramayu melalui APBD baru menganggarkan dana pilkada sebesar Rp26 miliar. Bupati Indramayu, DR H Irianto MS Syafiuddin (akrab disapa Yance) mengatakan, sejauh ini APBD Indramayu baru menyediakan dana persiapan untuk penyelenggaraan pilkada berkisar Rp26 miliar, dari pengajuan yang dilontarkan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar Rp36 miliar.

Jumlah tersebut rencananya terbagi dua putaran yakni putaran pertama bakal menelan biaya Rp28 miliar dan kedua Rp8 miliar, terangnya. Menurut Yance, dana pilkada 2010 telah mengalami kenaikan apabila dibandingkan pada pilkada tahun 2005 silam, dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sekitar 4.200 kotak yang hanya menelan biaya mencapai Rp17 miliar terbagi dari APBD Indramayu sebesar Rp11 miliar dan bantuan dari pemerintah pusat Rp6 miliar. Dana pilkada 2010 ini, dikeluarkan seluruhnya melalui APBD Indramayu dan tidak ada bantuan dari pusat, tegasnya.

Untuk menghemat pengeluaran dana APBD, suami dari legislator Kab Indramayu Hj Anna Sophanah ini mengharapkan, agar penduduk Indramayu yang berjumlah 1.700.000 jiwa dengan hak suara berkisar 1.300.000, senantiasa menjaga kondusivitas dan dimanfaatkan dengan baik, sehingga penyelenggaraan pilkada di Kab Indramayu cukup dilakukan hanya satu putaran.

Nasib Kab Indramayu ke depan akan ditentukan oleh masyarakat dalam kurun waktu lima menit ketika menyampaikan aspirasinya dalam TPS. Semoga hasil pilkada nanti, dapat memperoleh calon pemimpin yang amanah dan mampu melanjutkan visi Indramayu Remaja, harapnya. (dens/humasindramayu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar