Rabu, 10 November 2010

Peringatan Hari Pahlawan Berjalan Hikmat

 

Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember di Kabupaten Indramayu berjalan lancer dan hikmat. Bupati Indramayu DR. H. Irianto MS. Syafiuddin bertindak selaku inspektur upacara, dan diikuti oleh seluruh peserta upacara dari berbagai instansi antara lain TNI, Polri, PNS, OKP, Mahasiswa, dan pelajar. Bertempat di alun-alun Indramayu (10/11).

Dalam amanatnya Inspektur upacara mengatakan, peristiwa 10 November 1945 yang telah ditetapkan sebagai hari pahlawan, memang patut dikenang setiap tahunnya untuk mengingatkan dan membangkitkan semangat dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Uaya meraih dan mempertahankan kemerdekaan telah menuntut pengorbanan yang besar dari para pendahulu bangsa.

Untuk itu, sudah sepatutnya semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut dapat kita petik hikmahnya dan menjadi inspirasi untuk  mengatasi berbagai masalah bangsa, yang tentunya memerlukan pemikiran dan penyelesaian yang bijaksana dari seluruh elemen bangsa untuk mengatasinya.

Namun demikian, hal tersebut disadari tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, tetapi memerlukan proses panjang dan kesadaran kita agar memiliki kepedulian yang tinggi untuk menolong sesama. Apabila semangat dan nilai kepahlawanan tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari diri sendiri dan lingkungan yang terkecil, maka bukan hal yang mustahil, ke depan dapat mengatasi berbagai permasalahan bangsa yang menghadang dan dapat menjadi bangsa yang besar, bangsa yang maju, yang dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Bupati menambahkan, disadari atau tidak, rasa kesetiakawanan sosial akhir-akhir ini sudah mulai menipis dikarenakan lebarnya kesenjangan sosial di masyarakat . Oleh karena itu, upaya menanamkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial harus dimulai sejak dini. Kita dapat melakukan internalisasi dan eksternalisasi nilai-nilai kesetiakawanan sosial mulai dari lingkungan keluarga, masyarakat, dan akhirnya pada tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Mudah-mudahan dengan meningkatnya rasa kesetiakawanan sosial, dapat turut mendukung upaya penyelesaian berbagai masalah sosial bangsa kita, yang bermuara pada kesejahteraan lahir dan batin.

                Pada kesempatan itu bertindak selaku komandan upacara Kapten Arm. Cucu Cahyadi sementara pembaca pesan pahlawan disampaikan oleh Letkol (Purn) H. ZU. Martoyo. (deni)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar